iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE101

Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Bulan Puasa dan Menjelang Hari Raya

Tak terasa kita akan bertemu dengan bulan ramadhan kembali, bulan dimana umat muslim diseluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa.
Pada bulan ini juga banyak sekali ragam peluang usaha menjanjikan yang berpotensi untuk dijadikan bisnis sampingan untuk menambah penghasilan.
Peluang usaha menjanjikan di bulan ramadhan dan hari raya

 Berbicara mengenai peluang usaha di bulan ramadhan, pasti sudah terfikir oleh kalian bahwa bisnis makanan dan minuman lah yang paling laris dan menjanjikan. Eits, tunggu dulu, memang bisnis makanan dan minuman pada bulan puasa sudah pasti menguntungkan jika kalian dapat memprediksi dan menyimpulkan makanan dan minuman seperti apa yang akan laris manis.

Selain bisnis makanan dan minuman ada juga beberapa bisnis yang dapat kalian coba di bulan ramadhan, apalagi jika sudah menjelang hari raya, pasti bisnis pakaian dan busana muslim lah yang akan laris manis dan mengntungkan.

Kalian ingin tau peluang usaha laris dan menguntungkan di bulan puasa? disimak dulu yuk penjelsan berikut ini:

Beberapa Peluang Usaha Yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Bulan Ramadhan dan Hari Raya

 

1. Berjualan Menu Takjil

Bisnis yang satu ini memang sudah mainstream namun masih menjadi bisnis menjanjikan yang paling berpotensi menguntungkan untuk di lakoni. Karena dimanapun daerah kalian jika mayoritas masyarakat nya masih beragama islam peluang usaha yang satu ini pasti akan laris manis dan ramai pembeli.

Pastinya kalian sudah sering menjumpai stand makanan dan minuman yang berdiri di pinggir jalan pada saat sore hari sampai menjelang adzan maghrib di bulan puasa. Cara tersebut sangat jitu sekali untuk menarik perhatian pembeli.

Bayangkan saja, setiap hari pengguna jalan raya tidak pernah sepi alias selalu ramai, maka dengan mendirikan stand di pinggir jalan merupakan cara jitu untuk berjualan takjil. Ini adalah kesempatan yang cukup bagus bagi kalian untuk mendapatkan penghasilan tambahan di bulan ramadhan.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya takjil menjadi kebutuhan untuk berbuka puasa, yang artinya bisnis ini akan sangat menguntungkan jika kita dapat berpikir kreatif untuk memilih menu takjil yang akan dijual.

Nah, bagi kalian yang benar-benar ingin mendapatkan penghasilan tambahan di bulan ramadhan, maka kalian dapat mencoba bisnis berjualan menu takjil ini seperti es, kurma, bubur, dan sebaginya yang umum dijual dan disukai para pembeli. Biasanya mulai sore hari sudah banyak masyarakat yang berkeliling mencari takjil, dan akan sangat ramai lagi pembeli pada saat menjelang adzan maghrib.

2. Bisnis Catering

Peluang usaha berikutnya adalah bisnis catering. Ya bisnis catering dapat kalian jajal untuk mendapatkan keuntungan pada saat bulan puasa.

Bisnis yang satu ini juga berpotensi laris manis dan menguntungkan. karena biasanya pada bulan ramadhan banyak sekali yang mengadakan acara bukber di luar rumah yang biasanya menu bukbernya memesan di catering makanan.

Selain itu, pada saat bulan ramadhan banyak sekali komunitas yang mengadakan peduli anak yatim dan berbagi makanan keapada anak yatim dan biasanya makanan tersebut didapat melalui pesanan catering makanan.

Jika kalian sering melihat komunitas bagi-bagi takjil untuk anak yatim di daerah kalian, maka tidak ada salahnya kalian mencoba bisnis catering ini.

3. Berjualan Perlengkapan Ibadah

Peluang usaha berikutnya adalah berjualan perlengkapa ibadah. di bulan ramadhan berjualan perlengkapan ibadah sepertinya cukup berpotensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan, pasalnya pada saat itu orang-orang sedang pada giat-giatnya dalam beribadah.

Selain itu banyak sekali orang yang akan membeli perlengkapan ibadah pada saat bulan puasa untuk dikenakan sendiri maupun untuk di sedekahkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Jika kalian tertarik untuk mencoba bisnis ini maka kalian dapat mencoba menjual perlengkapan ibadah seperti misalnya peci, mukena, sarung, sajadah, tasbih dan sebagainya.

4. Berjualan Pakaian dan Busana Muslim 

Seperti yang kita ketahui, tradisi pada saat menjelang hari raya, orang-orang akan berbondong-bondong untuk membeli pakaian yang akan di pakai waktu lebaran dan busana muslim yang akan dipakai untuk melaksanakan salat idul fitri.

Sudah menjadi menjadi tradisi menjelang lebaran pastilah toko pakaian dan busana muslim akan selalu ramai pembeli.

Ini merupakan kesampatan yang sangat baik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Jika kalian adalah tipe orang yang suka dan pandai dalam memilih model pakaian dan busana muslim yang disukai oleh banyak orang, maka peluang usaha ini akan menjadi ladang uang bagi kalian.

Memang untuk menjalankan bisnis ini membutuhkan modal yang cukup, tapi sekali lagi, jika kalian pandai menebak trend pakaian pada saat itu, maka sudah pasti kalian akan mendapattkan keuntungan.

Kalian juga dapat memanfaatkan sosial media sebagai media untuk promosi pakaian dan busana muslim.

5. Berjualan Sandal

Jika pakaian dan busana muslim ramai pembeli, maka toko sandal pun pasti ramai. Kenapa? Karena memang tidak lengkap rasanya jika memebeli pakaian baru tanpa sendal baru.
Pasti kalian sering melihat toko sandal juga ramai pada saat menjelang hari raya, karena selain berburu pakaian, orang orang juga berburu sandal.

Kalian dapat berbisnis sandal ini karena modal yang dibutuhkan relatif kecil namun bisa menguntungkan sesuai dengan kretifitas kalian memilih model, bahan dan memasarkan produk.

Nah, bagi kalian yang berminat menjalankan bisnis sampingan ini , kalian dapat merencanakan terlebih dahulu model sandal yang bagaimana yang nantinya banyak peminatnya.

6. Berjualan Kue Kering Hidangan Lebaran

Jika kalian atau ibu kalian mempunyai keterampilan membuat kue, khususnya kue kering, maka bisnis yang satu ini dapat dicoba untuk mendaptakan penghasilan tambahan sembari menyibukkan diri menunggu waktu berbuka puasa.

Lagi-lagi ini sudah menjadi tradisi pada saat lebaran. Ya pada saat lebaran setiap orang pasti sudah menyiapkan kue kering dari jauh-jauh hari untuk dihidangkan kepada saudara atau tetangga yang datang untuk bersilaturrahmi.

Biasanya para ibu rumah tangga sudah mulai membicarakan hal ini jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Saya sendiri mempunyai nenek yang sagat pandai membuat kue kering, dimana setiap tahunnya pasti banyak orderan kue kering untuk hidangan hari raya.
Jujur saja, banyak sekali orderan pada saat menjelang hari raya. Bahkan saya pernah membantu membuat kue kering dari pagi sampai sore selama beberapa hari dari saking terlalu banyaknya orderan.

Nah, berbekal dari pengalaman saya tadi, mungkin kalian berminat untuk mencoba usaha ini.
Untuk usaha ini kalian tidak perlu bingung mengenai modal, karena biasanya orang yang memesan kue kering akan membayar DP terlebih dahulu. Jadi hal tersebut dapat memperkecil biaya yang dikeluarkan utnuk membeli bahan bahan.

Namun sekali lagi, Kreatifitas kalian lah yang dapat membuat bisnis kalian menjadi berkembang dan tentunya menguntungkan;

7. Bisnis Oleh Oleh Khas Daerah

Biasanya menjelang hari raya, banyak sekali tenaga kerya yang pulang kampung/mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga dan biasanya jika seseorang mudik pastinya tidak lupa membawa oleh-oleh.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya, volume pemudik tiap tahun meningkat, hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi bisnis oleh-oleh ini.
Inilah kesempatan kalian untuk meraup pundi pundi rupiah. Kalian dapat berbisnis oleh oleh khas daerah kalian.

8. Bisnis Reservasi Tiket Transportasi

Pulang kampung menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi sebagian orang, karena mereka rindu berkumpul bersama keluarganya. Nah jika menjelang lebaran tiba, pastilah banyak sekali orang yang mudik ke kampung halamannya

Tak heran jika tiket tranasportasi darat, laut maupun udara ludes terjual menjelang hari raya.
Dengan itu, kalian dapat memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis reservasi tiket transportasi.
Selain mendapat penghasilan tambahan, kalian juga sudah berupaya membantu orang yang membutuhkan tiket transportasi untuk pulang kampung.
Jadi Itulah beberapa bisnis yang menjanjikan dan dapat kalian coba di bulan ramadhan dan hari raya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. dari 9 peluang usaha di atas silahakan pilih sesuai daerah dan kondisi keuangan kaliian.
Semoga bisnis yang kalian pilih dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan.
Share This Article :
Unknown

7971341963474410753